DUSUN DUMAN DASAN MENGADAKAN ACARA MAULID NABI MUHAMMAD SAW PADA HARI RABU, 27 SEPTEMBER 2023

  • Oct 02, 2023
  • admin desa duman

Duman - Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, tepatnya pada tanggal 12 rabiul awal. Dusun Duman Dasan juga merayakan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW pada hari Rabu, 27 September 2023 yang bertempatan di masjid Nurul Yakin Duman Dasan. Selain menandai kelahiran beliau, tanggal tersebut juga menandai hijrahnya Rasulullah ke Madinah. Bagi orang sasak dan banyak tempat lainnya di Indonesia, tanggal tersebut di abadikan dalam bentuk perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara ini di hadiri oleh wakil Bupati Lombok Barat beserta jajarannya, bapak camat Lingsar bersama sekretaris camat Lingsar, kepala desa Duman, sekretaris Desa Duman, serta para tamu undangan dan masyarakat dusun Duman Dasan. Acara maulid nabi Muhammad SAW di Dusun Duman Dasan di mulai pada pukul 10.00 WITA - selesai.

Acara maulid di Dusun Duman Dasan dimulai dari acara:
1. ngurisan yaitu acara pemotongan rambut bagi bayi-bayi yang berada di Dusun Duman Dasan yang di lakukan oleh para guru besar yang hadir di acara maulid nabi Muhammad SAW Di dusun Duman Dasan.
2. acara Tamatan yang di lakukan oleh anak-anak yang berasal dari Dusun Duman Dasan.
3. Kalam Ilahi yang di lakukan oleh Ustadz Abdul Hamid.
3. sambutan dari bapak camat Lingsar dan sekretaris Lingsar.
4. Tauziah
5. Zikir
6. Dan di tutup dengan Doa

Acara ini berlangsung lancar dan hikmat dan di tutup dengan Salaman seluruh masyarakat yang hadir di lokasi. Momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia dengan perayaan maulidan. Peringatan Maulid Nabi ini dilaksanakan dengan berbagi ekspresi, salah satunya yang ada di Lombok  Nusa tenggara Barat ini.

 

Duman/ FDIK UINMA / Yayan Yulianti & Fadilah Thunisyah Hasyanah